BAGAIMANA PLAYTIME MEMBANTU UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN SOSIAL BAGI ANAK


Playtime secara tradisional dipandang sebagai kesempatan untuk memberi anak-anak istirahat dari kelas. Ini dirancang untuk membantu anak-anak membakar kelebihan energi sehingga mereka dapat sekali lagi fokus pada pelajaran mereka ketika kembali ke kelas. Namun pemikiran modern melihat waktu bermain lebih dari sekadar istirahat dari kelas; sebaliknya saat ini taman bermain digunakan untuk membantu anak-anak mempelajari keterampilan yang dapat mereka kuasai hingga dewasa. Salah satu keterampilan tersebut adalah keterampilan sosial.

Jauh dari struktur kelas dan dengan pengawasan orang dewasa yang minimal, selama bermain itulah anak-anak belajar berinteraksi dengan teman-teman mereka - berteman, menyelesaikan konflik, dan bekerja sebagai tim. Intinya adalah di taman bermain bahwa anak-anak belajar keterampilan sosial yang akan tinggal bersama mereka selama sisa hidup mereka.

Permainan bermain

Salah satu cara bermain secara tradisional telah membantu anak-anak membangun keterampilan sosial adalah melalui permainan taman bermain. Kita semua ingat game-game ini sejak kita masih kanak-kanak dan sementara pada saat itu mereka hanya tampak menyenangkan, kenyataannya mereka membantu kami belajar bagaimana mengatur diri menjadi tim. Serta ini, mereka mengajarkan anak-anak cara menetapkan aturan dan mengikuti mereka tanpa didikte oleh orang dewasa.
Ada cara Anda dapat mendorong anak-anak untuk mengatur playground outdoor tradisional; misalnya memastikan bahwa permukaan taman bermain memiliki tanda yang ideal untuk permainan ini. Selain itu, Anda dapat menginstal peralatan olahraga dan permainan ke dalam taman bermain, yang membantu mendorong anak-anak untuk mengambil inisiatif dan mengatur permainan mereka sendiri saat bermain.

Petualangan bermain

Memasang peralatan petualangan ke taman bermain membantu memecat imajinasi anak-anak. Jalur kebugaran dan petualangan juga mendorong anak-anak untuk belajar tentang kerja tim dan kerja sama. Unit multi-play, misalnya yang mencakup slide, memanjat frame dan jembatan, mendorong anak-anak untuk saling membantu dan menginspirasi satu sama lain untuk mencoba permainan baru dan menghadapi ketakutan. Di tempat yang jual playground murah menyediakan berbagai peralatan petualangan dari terowongan ke unit multi-play yang besar; membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk menemukan jenis peralatan yang tepat untuk mendorong keterampilan sosial anak-anak tidak peduli ukuran taman bermain atau anggaran Anda.

Tenang dan bicara

Mengembangkan keterampilan sosial anak-anak tidak selalu harus terjadi melalui permainan. Memasang furnitur luar ruangan yang memungkinkan anak-anak memiliki tempat untuk bersantai dan berbicara juga mendorong pengembangan keterampilan ini. Area tempat duduk di luar ruangan tidak perlu membosankan dan sekarang bisa memasukkan bangku-bangku dalam bentuk log dan meja piknik yang menggabungkan permainan papan. Ada juga kesempatan untuk menginstal area tempat duduk yang tersembunyi yang memberikan keteduhan di musim panas dan berlindung di musim dingin.

Memberikan anak-anak tempat untuk duduk berarti mereka memiliki kesempatan untuk berbicara tentang minat, keluarga, dan hobi mereka; pada dasarnya membantu mereka membangun persahabatan jauh dari pengawasan langsung orang dewasa. Ini juga membantu anak-anak untuk membangun kepercayaan diri dan kemandirian dalam berkomunikasi dengan teman sebaya mereka, keterampilan yang perlu mereka pelajari pada masa kanak-kanak ini untuk membantu mereka menjalin persahabatan ketika mereka menjadi lebih tua.

Komentar