6 obat alami ini untuk menghilangkan ketombe.


Kali ini intiptrik akan membahas tentang permasalahan ketombe, Ketombe adalah penumpahan sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Kulit ini menggantikan dirinya sendiri setiap empat minggu, jadi sel yang berlebihan harus pergi ke suatu tempat. Beberapa orang mengalami lebih dari hanya beberapa serpihan kulit yang terlepas setiap hari. Ketika ada banyak serpihan, ketombe menjadi masalah estetika yang dapat menyebabkan rasa malu. Rasa gatal yang ditimbulkan juga bisa menyebabkan infeksi kulit kepala dari bakteri di tangan dan di bawah kuku berpindah ke kepala.

Kondisi kulit yang disebut dermatitis seboroik menyebabkan kekeringan pada kulit kepala yang memicu ketombe. Eksema, psoriasis, dan pertumbuhan berlebihan jamur mirip ragi yang disebut Malassezia juga dapat menyebabkan kelebihan pengelupasan. Meskipun ada banyak sampo obat yang tersedia di toko obat, banyak dari mereka menyebabkan kepekaan kulit atau berhenti bekerja setelah beberapa minggu. Beberapa shampoo yang dibeli di toko ini mahal, dan mereka mungkin mengandung bahan-bahan kasar yang membuat kulit kepala lebih kering dan memperparah masalah. Ada banyak cara menghilangkan ketombe tanpa menggunakan solusi medis yang keras. Beberapa metode alami ini membantu melonggarkan serpihan sementara yang lain memperlambat laju penipisan kulit. Yang lain menargetkan jamur atau bakteri atau menambahkan kelembapan kembali ke kulit kepala.

1. Aspirin
Aspirin mengandung bahan aktif asam salisilat, yang berasal dari kulit pohon. Banyak sampo obat di apotek juga mengandung bahan ini. Sangat mudah untuk menggunakan aspirin pada dasar yang dibutuhkan untuk menghilangkan ketombe. Cukup gunakan dua sendok untuk menghancurkan dua tablet aspirin menjadi bubuk halus dan kemudian menambahkannya ke sampo. Biarkan campuran itu menempel di kulit kepala selama sekitar dua menit. Bilas dan kemudian sampo lagi, tetapi kali ini tanpa aspirin. Asam salisilat melarutkan serpih ketombe. Ini memungkinkan sampo kedua untuk masuk ke kulit kepala karena lapisan tebal sel-sel kulit mati akan hilang.

2. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh adalah obat rumah lain yang membantu untuk mengurangi keparahan ketombe. Ini adalah agen antibakteri dan antijamur yang kuat. Beberapa shampoo sudah mengandung sekitar 5 persen minyak tea tree. Anda juga dapat menambahkan bahan ini ke dalam shampo pilihan. Rasio yang baik adalah 2 tetes minyak pohon teh per 1 ons sampo. Ganti tutup botol sampo dan kocok kuat-kuat sebelum menggunakan. Shampoo biasanya. Obat ini membantu menghilangkan infeksi jamur dan bakteri pada kulit kepala yang menyebabkan kulit terkelupas dan gatal. Beberapa orang sensitif terhadap minyak pohon teh. Seseorang harus mengoleskan setetes minyak ke kulit di bagian dalam pergelangan tangan untuk menguji apakah ada reaksi yang merugikan.

3. Soda kue
Bahan dasar dari dapur juga bisa membantu menyingkirkan ketombe yang kusut. Soda kue adalah obat penting untuk banyak penyakit kulit. Untuk menggunakan baking soda untuk menghilangkan ketombe, mulailah dengan bersih, basah, rambut. Gosok segenggam baking soda langsung ke kulit kepala dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya. Soda kue berfungsi untuk mengurangi jamur yang dapat tumbuh di kulit kepala yang berminyak dan berminyak. Beberapa orang memperhatikan bahwa menggunakan baking soda menyebabkan pengeringan. Ini normal, dan setelah beberapa minggu, kulit kepala kembali menghasilkan jumlah minyak alami yang tepat. Setelah menggunakan baking soda, banyak orang menemukan bahwa rambut mereka lebih lembut dan kulit kepala mereka kurang gatal.

4. Cuka
Ragi membutuhkan lingkungan netral-ke-dasar untuk tumbuh, dan cara lain untuk menyingkirkannya adalah dengan menggunakan cuka sari apel atau cuka putih. Cuka asam mengubah pH kulit kepala, sehingga ragi sulit tumbuh. Campuran 1 bagian sari apel atau cuka putih dan 1 bagian air dapat membantu dengan aman menyingkirkan ketombe. Masukkan campuran ini ke dalam botol semprot dan spritz di kulit kepala. Untuk menjaga rambut basah, bungkus handuk di sekitar kepala. Biarkan campuran tersebut bertahan hingga satu jam. Lalu bersihkan cuka dan sampo seperti biasa. Melakukan ini dua kali per minggu membantu mengurangi populasi ragi di kulit kepala.

5. Obat kumur
Obat kumur berbasis alkohol juga dapat menghilangkan ragi dan bakteri. Produk-produk ini dapat digunakan untuk mengobati kasus ketombe yang buruk. Pertama, cuci rambut dengan shampo biasa. Bilas sampo dan gunakan obat kumur berbasis alkohol sebagai bilas. Tindak lanjuti dengan hair conditioner sesuai keinginan. Obat kumur berbasis alkohol dapat digunakan secara teratur untuk mencegah ragi tumbuh di kulit kepala. Orang-orang yang berolahraga secara teratur mungkin ingin melakukan ini segera setelah berolahraga karena ragi berkembang pada keringat yang dilepaskan oleh kulit kepala.

6. Minyak kelapa
Minyak kelapa adalah cara lain untuk menghilangkan ketombe yang dihasilkan dari dermatitis atau kulit kepala kering. Ini juga berbau harum, dan mengandung lemak bermanfaat yang mengembalikan kelembaban pada kulit kepala dan rambut. Sebelum mandi, pijatkan 3 hingga 5 sendok makan minyak kelapa ke kulit kepala. Minyak panas kelapa tidak perlu dipanaskan, tetapi dapat dihangatkan di tangan untuk membuatnya lebih lentur jika sebagian besar masih padat. Biarkan minyak kelapa duduk di kulit kepala selama sekitar satu jam. Shampoo biasanya untuk mencuci minyak kelapa dan menindaklanjutinya dengan hair conditioner jika diinginkan. Beberapa shampoo sudah mengandung bahan ini.

Komentar